Seputar Peradilan

100 HARI KEPEMIMPINAN

KETUA PENGADILAN TINGGI AGAMA JAYAPURA

( Drs. H. Sudirman S, S.H.,M.H.)

(dalam hal pelaksanaan anggaran)

dfaf.jpg

Jayapura | www.pta-jayapura.go.id

05 Oktober 2021, Bertempat di ruang media center Pengadilan Tinggi Agama Jayapura dilakukan wawancara singat terkiat 100 hari kepemimpinan beliau (Drs. H. Sudirman S, S.H.,M.H.) dimana beliau sangat mensyukuri dipempatkan di Pengadilan Tinggi Agama Jayapura dengan fasilitas (gedung yang cukup bagus dan penataan halaman yang cukup rapi) serta sumber daya manusia yang memadai sehingga tidak perlu banyak yang diperbuat untuk melakukan perubahan-perubahan yang mendasar guna mengerakkan suatu organisasi. Akan tetapi beliau melihat peluang dimana dengan kondisi geografis yang ada serta anggaran yang ada pada pada triwulan III untuk monitoring dan evaluasi hasil dari pada pembinaan dan pengawasan kedaerah dilakukan dengan mengintensifkan penggunaan media elektronik atau daring sehingga apa yang menjadi tujuan Pengadilan Tinggi Agama Jayapura sebagai kawal depan Mahkamah Agung RI tetap tercapai. 

Digitalisasi merupakan cara yang efektif dan efisien mengawal Pengadilan Agama se-wilayah Pengadilan Tinggi Agama Jayapura yang mana pada tahun ini ada 3 Pengadilan Agama yang lolos Tim Penilai Internal (TPI) dalam pembangunan Zona Integritas (ZI) yaitu Pengadilan Agama Manokwari Kelas 1B, Pengadilan Agama Mimika Kelas II dan Pengadilan Agama Fakfak Kelas II. Selain dari pada itu beliau berpesan dalam pengelolaan anggaran harus mengedapankan prinsip kejujuran, transparansi, evaluasi dan pengawasan.

Dikesampatan yang sama bapak Sekretaris Pengadilan Tinggi Agama Jayapura menyampaikan bahwa sampai dengan akhir triwulan III realisasi untuk DIPA 01 Sebesar Rp. 12.170.529.793,- atau 87.87% dari total anggaran sebesar Rp 13.850.604.000,- sedangkan untuk realisasi DIPA 04 sebesar Rp. 262.234.945,- atau 78.45% dari total anggaran sebesar Rp. 334.268.000,- yang mana anggaran-angaran tersebut untuk tahun ini mengalami pengurangan yang cukup signifikat mengingat pemerintah masih fokus pada penanganan covid-19. Pencapaian tersebut tidak lebih karena beberapa aspek antara lain :

  1. Pelaksanaan anggaran sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan sehingga tidak ada program dadakan karena semua kegiatan disesuaikan dengan program yang sudah ditetapkan pada awal tahun.
  2. Melakukan monitoring langsung pada bagian teknis pelaksana sehingga mengetahui kondisi terkini anggaran yang ada dan apabila terdapat kendala segera terselesaikan atau dicarikan solusinya.
  3. Responsip terhadap setiap permasalahan yang muncul serta mencarikan akar permasalahan dengan tetap berkoordinasi kepada pimpinan untuk mencari solusi terbaik .

Sebagai sebagai supporting unit harus memprioritaskan kebutuha-kebutuhan dibidang kepaniteraan dan hakim. c4pun987