Seputar Peradilan

Kunjungan Kanwil DJPB (Direktorat Jenderal Perbendaharaan)

Provinsi Papua

 

Jayapura, Kamis, 28 Agustus 2021 Kanwil DJPB Provinsi Papua mengadakan kunjungan ke Pengadilan Tinggi Agama Jayapura. Suatu kehormatan bagi Pengadilan Tinggi Agama Jayapura sebagai Koordinator Wilayah Papua (2500) yang menangani Laporan Keuangan DIPA Badan Urusan Administrasi (BUA), mendapat kunjungan langsung dari Tim Kanwil DJPB Provinsi Papua dimana sebagai Ketua Tim Bapak Sarimin Kepala Seksi Pembinaan Sistem Akuntansi Pemerintah Pusat. Maksud dari kunjungan tersebut adalah menjalin tali silaturahmi dan juga konsultasi terkait Monitoring Rekonsiliasi Tingkat UAPPAW (Unit Akutansi Pengguna Anggaran Wilayah), dan tujuan kunjungan tersebut untuk mengetahui serta memberikan masukan serta memberikan kesempatan kepara Pengadilan Tinggi Agama Jayapura sebagai Korwil 2500 yang membawahi  21 satuan kerja, terkait kinerja koordinator  wilayah dan kendala-kendala yang dialami selama pelaksanaan rekonsiliasi dalam setiap periode pelaporan keuangan.

Pertemuan tersebut dibuka dan disambut oleh Bapak Taharudin S, SH. MH. Kepala Bagian Umum dan Keuangan PTA Jayapura yang juga didampingi oleh Kepala Sub Bagian Keuangan dan Pelaporan serta perwakilan Opertor SAIBA Wilah 2500. Ada beberapa hal yang dibahas dalam pertemuan tersebut, yang pertama bahwa Kanwil DJPB Provinsi Papua memberikan apresiasi dan berterimakasih bahwa Pengadilan Tinggi Agama Jayapura selaku Korwil 2500 sdh melaksanakan tugas dengan baik dan telah menyampaikan Laporan Keuangan  Wilayah terutama periode Semester I Tahun 2021. Berikutnya juga membahas mengenai kinerja dari satuan kerja dari hasil pemantauan dari tim Kanwil DJPB Provinsi Papua dan Korwil 2500 pada aplikasi e-Rekon LK, dimana untuk open periode tahap 1 bulan Juli yang akan berakhir pada tanggal 27 Agustus 2021. Untuk itu Kanwil DJPB Provinsi Papua senantiasa mengingatkan kepada kami selaku Korwil 2500 untuk mengecek dan memonitoring satuan kerja di bawahnya untuk segera melakukan rekonsiliasi periode Juli 2021. Dan sesuai hasil monitoring menunjukkan bahwa 21 satuak kerja di bawah korwil 2500 telah melakukan rekonsiliasi, walaupun hasil telaah korwil masih menemukan beberapa temuan Transaksi Dalam Konfirmasi (TDK) dari periode Semester 1 tahun 2021 yang akan ditindaklanjuti atau masih dalam proses koreksi oleh satuan kerja, sehingga akan menjadi catatan bagi satuan kerja dan tentunya tugas bagi korwil 2500 untuk mendorong satuan kerja untuk menyelesaian TDK pada periode berjalan tahun 2021.

Dari pertemuan tersebut menghasilkan suatu gagasan positif, yaitu dalam rangka meningkatkan kualitas kinerja satuan kerja  dalam pelaporan keuangan. Bahwa Pengadilan Tinggi Agama Jayapura menawarkan kerjasama atau MOU dengan Kanwil DJPB Provinsi Papua dalam memberikan kategori dan penilaian kinerja  dalam rangka pemberian penghargaan bagi satuan kerja yang memiliki kinerja terbaik dan bagi operator yang berprestasi. Sehingga dengan gagasan tersebut diharapkan dapat memberikan motifasi baik satuan kerja maupun operator untuk melaksanakan tugas dalam pelaksanakan pelaporan keuangan dengan cepat, tepat dan akurat dan tentunya menghasilkan laporan keuangan yang berkualitas. (IT)