Seputar Peradilan

Pengadilan Tinggi Agama Jayapura Melaksanakan  Pendampingan  Surveillance APM ke Pengadilan Agama Sentani

Sejak diberlakukannya Sertifikasi Akreditasi Penjamin Mutu (APM) di lingkungan peradilan Agama, sesuai dengan pedoman yang diberlakukan Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama dengan Surat Keputusan nomor 2081.b/DJA/OT.01.3/SK/10/2018 tentang Pemberlakuan Pedoman Akreditasi Penjamin Mutu Badan Peradilan Agama tanggal 6 Oktober 2018.

Menindaklanjuti hal tersebut maka  PTA Jayapura akan melaksanakan agenda tahunan yakni pendampingan ke Pengadilan Agama yang berada dalam wilayah hukum PTA Jayapura sebelum satuan kerja tersebut melaksanakan surveillance APM tahun 2020.

Pengadilan Agama Sentani menjadi Pengadilan Agama pertama yang mendapat pendampingan APM oleh Pengadilan Tinggi Agama Jayapura ditahun 2020.

sent 2x sent1x

Rabu pagi 15 Juli 2020, Tim Pendampingan APM PTA Jayapura tiba di Pengadilan Agama Sentani. Merujuk pada Surat Tugas Wakil Ketua PTA Jayapura nomor W.25-A/877/KP/7/2020 Tim Pendampingan APM PTA Jayapura untuk PA Sentani terdiri dari :

  • H. Makmun, S.H.,M.H                    (Wakil Ketua PTA Jayapura)
  • Mohammad H. Daud, S.H.,M.H.  (Hakim Tinggi )
  • Jainudin Zaman,S.H.,M.H.            (Panitera PTA Jayapura)
  • Mirawati Saktiana, S.H.                 (Sekretaris PTA Jayapura)
  • Haeruddin, S.Ag.,M.H.                  (Kabag Perencanaan dan Kepegawaian PTA Jayapura)
  • Isnawan Abdhi,S.H.                        (Analis Perkara Peradilan)

Dihari pertama Tim disambut langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Sentani Bapak Ribeham,S.Ag ,Wakil Ketua Bapak Jamaluddin Muhammad,S.H.I.,M.H., Sekretaris Bapak Panuju Hidayat, S.H.I. dan rekan-rekan PA Sentani.

Kegiatan Pendampingan ini berlangsung selama 2 (dua) hari, mulai tanggal 15 s.d 16 Juli 2020  dengan tujuan untuk melihat sejauh mana kesiapan Pengadilan Agama Sentani dalam menghadapi surveillance yang dijadwalkan pada bulan November 2020.

sent 3x sent 4x

Pendampingan APM ini meliputi pemeriksaan kelengkapan berkas, wawancara dengan Pimpinan, termaksuk Pejabat fungsional dan Pejabat Struktural serta wawancara dengan petugas-petugas pelayanan. Tim Pendampingan APM PTA Jayapura juga berkeliling kantor dari ruangan ke ruangan mulai dari PTSP, ruang pejabat , ruang sidang dan ruang lainnya . 

sent 6x sent 7x

Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jayapura Drs. H. Makmun, SH., MH. menyampaikan bahwa rekomendasi dari para assessor agar kiranya dapat ditindaklanjuti dengan baik sehingga Pengadilan Agama Sentani dapat mempertahankan predikat “A excellent” yang telah didapatkan. Lebih lanjut beliau mengatakan bahwa dengan telah diusulkannya Pengadilan Agama Sentani oleh Mahkamah Agung RI kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) untuk mendapatkan predikat WBK (Wilayah Bebas Korupsi) maka Pengadilan Agama Sentani sudah mempunyai modal yang kuat untuk mempertahankan predikat A excellent, akan tetapi komitmen dan kerja keras yang sungguh-sungguh dari seluruh aparat Pengadilan Agama Sentani mutlak wajib hukumnya agar semua yang di cita-citakan dapat terwujud sesuai harapan bersama. Beliau menyampaikan bahwa komitmen, sikap kerja keras, kerja cerdas dan kerja tuntas adalah kunci keberhasilan sebuah organisasi modern.

sent 8x sent 9x

sent10x sent 11x

Kamis 16 Juli 2020, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Jayapura Bapak Drs.H. Helmy Thohir, M.H. menyepatkan hadir dalam kegiatan pendampingan ini, dalam sambutannya KPTA Jayapura  memberikan apresiasi dan semangat kepada Pengadilan Agama Sentani dalam melaksanakan tugas dan tetap menjaga kualitas pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan.

sent 12 x sent 13x

Dihari kedua ini Pengadilan Agama sentani juga melaksanakan serah terima hibah bangunan musollah dari panitia pembangunan musollah Al-Mizan kepada Pengadilan Agama Sentani. Pendampingan surveillance APM berikutnya direncanakan minggu depan di Pengadilan Agama Arso.(naw)